Artikel

Ingat! Pasang Kunci Ganda Sepeda Motor saat Diparkir

MENGIMBAU masyarakat naruh (parkir) sepeda motornya jangan asal-asalan. Kalau bisa itu diparkirkan ditambah kunci ganda lagi, biar aman,” ungkap seorang residivis pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) yang dibekuk Polsek Tambora, Jakarta Barat.

 

Pelaku mengungkapkan itu saat diinterogasi oleh Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama. Videonya diunggah di Instagram dengan akun @polsek_tambora. Pelaku mengaku sepeda motor jenis automatik lebih mudah dicuri. Pelaku mengincar kendaraan tersebut lantaran kuncinya mudah dijebol ketimbang sepeda motor jenis manual.

 

Pelaku menggunakan kunci T untuk menjebol lubang kunci kendaraan yang diincar. Tentu kunci T itu telah dimodifikasi terlebih dahulu.




 

Pelaku juga menyarankan pemilik kendaraan memarkirkan sepeda motor dengan mengarahkan setang kendaraan ke kanan di parkiran. Posisi setang ke kanan dapat menghambat dan mempersulit pelaku menjebol kunci.

 

“Setang kiri dan kanan itu sebenarnya sama saja. Sama-sama enak. Cuman agak susah (kunci tersangkut) sedikit saat setang diarahkan ke kanan,” ujar pelaku dikutip dari artikel berjudul Pesan Residivis Curanmor Supaya Sepeda Motor tak Gampang Dicuri diunggah di laman www.tribunnews.com pada 6 Agustus 2023.

 

Sejak awal tahun hingga 10 Agustus 2023, Polri menindak pencurian kendaraan bermotor roda dua (curanmor R-2) atau sepeda motor sebanyak 13.574 perkara. Data itu didapat dari catatan EMP Pusiknas Bareskrim Polri yang diakses pada Senin 14 Agustus 2023 pukul 12.00 WIB.